Minggu, 22 Juli 2012

Jenis - Jenis Jaringan Komputer


A. Local Area Network (LAN)
Komputer  yang  terhubung  berada  pada  tempat  yang  berdekatan secara gografis (misalkan satu gedung).
B. Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang          berukuran            lebih         besar dan        biasanya                menggunakan teknologi  yang  sama  dengan  LAN.  MAN  dapat  mencakup  kantor- kantor  perusahaan  yang  letaknya  berdekatan  atau  juga  sebuah  kota dan            dapat dimanfaatkan             untuk      keperluan pribadi        (swasta) atau umum.  MAN  mampu  menunjang  data  dan  suara,  bahkan  dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.


 C. Wide Area Network (WAN)
Wide   Area   Network  (WAN),   jangkauannya  mencakup  daerah geografis  yang  luas,  seringkali  mencakup  sebuah  negara  bahkan benua.  WAN  terdiri  dari  kumpulan  mesin  mesin  yang  bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
 D. Internet
Sebenarnya  terdapat  banyak jaringan   didunia   ini,   seringkali menggunakan  perangkat  keras  dan  perangkat  lunak  yang  berbeda- beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi   dengan              orang lain              yang terhubung ke        jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali       tidak kampatibel     dan    berbeda.                Biasanya untuk melakukan  hal  ini  diperlukan  sebuah  mesin  yang  disebut  gateway guna   melakukan       hubungan dan     melaksanakan     terjemahan  yang diperlukan, baik  perangkat keras  maupun  perangkat  lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
 E. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan  tanpa  kabel  merupakan  suatu  solusi  terhadap  komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya  orang  yang  ingin  mendapat  informasi  atau  melakukan komunikasi  walaupun  sedang  berada  diatas  mobil  atau  pesawat terbang,  maka  mutlak  jaringan             tanpa                   kabel   diperlukan  karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat     ini               jaringan    tanpa      kabel  sudah  marak  digunakan  dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.yang  berjauhan  dan  dihubungkan  dengan  line  telepon  atau gelombang radio.
Selain itu, jaringan komputer dapat juga dikelompokan berdasar kriteria di bawah ini:
a.  topologi:  pengaturan  keterhubungan  antar  sistem  komputer.  Terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, dan ring.
b.  protokol:  protokol  mendefinisikan  sekelompok  aturan  dan  sinyal  yang digunakan  oleh  komputer  pada  jaringan  untuk  berkomunikasi.  Protokol LAN yang paling populer adalah Ethernet. Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.
c.  arsitektur:  jaringan  dapat  diklasifikasikan  ke  :dalam  arsitektur  peer-to- peer atau client/server.
Pembahasan  Kelebihan  dan  Kekurangan  Peer  To  Peer  dan  Client
Server—Dalam Suatu arsitektur jaringan, perlu adanya suatu komputer yang ditunjuk secara          full-time server, sedangkan yang lain (seperti user  workstations)  menjadi  full-time  client.  Sebagai  contoh  sebuah file  server  menjadi  house  hard  driver  yang  berisi  semua  file  dari masing-masing  pengguna  jaringan  tersebut  dan  dapat  diakses  dari komputer  pribadi  pengguna.  Setelah  bekerja  pada  file,  maka  user dapat menyimpan perubahan dan penambah file ke jaringan tersebut. Contoh             lain   server  akan  diatur  sebagai  “Post  Office”     untuk menyebarkan kesemua Jaringan Client.
Peer  to  Peer   dan  Client  Server  memiliki   kelebihan  dan kekurangannya. On Balance, however, konfigurasi client server lebih baik  dari  pada  peer  to  peer,  terutama  di  lingkungan  bisnis  kecil dimana ada harapan untuk perkembangan dan pertumbuhannya.
A. Jaringan client server
Dalam  jaringan  ini  satu  komputer  berfungsi  sebagai  pusat pelayanan (server) dan komputer yang lain berfungsi meminta pelayanan  (  client  ).  Sesuai  dengan  namanya,  client  server berarti adanya pembagian kerja pengelolaan data antara client dan  server.  Saat  ini,  sebagian  besar  jaringan  menggunakan model client/server.
B. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan ini tidak ada komputer yang berfungsi khusus, dan semua komputer dapat berfungsi sebagai client dan server dalam   satu             saat   bersamaan.    Pengguna            masing-masing komputer  bertanggung  jawab  terhadap  administrasi  resource komputer  (  dengan  membuat  nama  user,  membuat  share, menandai  ijin        mengakses  share              tersebut).     Tiap-tiap      user bertanggung  jawab  juga  mengenal  pembackupan  data  pada komputer.             Sayangnya   penempatan                resource      dapat   menjadi sulit pada network peer to peer yang mempunyai lebih banyak komputer.
File  Server  :  Sebuah  komputer  yang  biasanya  lebih  tinggi  dari  pada workstation,  digunakan  sebagai  tempat  penyimpanan  file  dan  file  diakses oleh user workstation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar